Jenis Teknologi Jaringan Nirkabel

Jenis Teknologi Jaringan Nirkabel
WPAN, WLAN DAN WWAN


Jaringan Nirkabel adalah salah satu jenis dari jaringan komputer yang fungsinya sebagian besar dari jaringan nirkabel ini asalah untuk hotspot area.

Ada 4 Jenis Jaringan Nirkabel yaitu :
1. Wireless Personal Area Network (WPAN)


Wireless Personal Area Network (WPAN) adalah Sebuah jaringan nirkabel pribadi atau jaringan nirkabel low-range yang meliputi luas jangkauan hanya beberapa puluh meter saja.

WPAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat periferal (seperti printer, android/handphone, dan peralatan rumah lainya) atau Tablet (PDA) ke komputer, atau hanya dua komputer terdekat, tanpa menggunakan koneksi server.

Beberapa teknologi yang digunakan WPAN :
1. Bluetooth
2. HomeRF
3. ZigBee teknologi (juga IEEE 802.15.4)
4. Infra Red

2. Wireless Local Area Network (WLAN)


Wireless Local Area Network (WLAN) adalah jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi data. Informasi (data) yang ditransfer dari satu komputer ke komputer lain menggunakan media udara (tanpa kabel)

WLAN yang sering disebut sebagai Jaringan Nirkabel atau jaringan wireless adalah Wi-Fi.
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11.

3. Wireless Metropolitan Area Network (WMAN)


Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) adalah jaringan wireless network yang menghubungkan beberapa jaringan WLAN. Contoh teknologi WMAN adalah WiMAX.

4. Wireless Wide Area Network (WWAN)


Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih).

Komentar